JENIS-JENIS KELAINAN TAPAK KAKI

Kaki adalah merupakan bagian penopang utama tubuh. Jika penopang ini tidak kokoh bukan tidak mungkin tubuh sering jatuh dan akhirnya merusak bangunan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu kaki perlu diperlakukan dengan benar agar bisa menyangga tubuh dengan baik

Namun ada pula yang tidak diberi kesempurnaan bentuk kaki, adapun macam-macam bentuk kelainan itu ialah
1) Talipes Valgus
Talipes valgus terjadi karena produksi lemak pada kaki anak. Valgus bisa disebabkan oleh penyakit Blount, yakni tulang kering melengkung dan tidak secara tepat masuk dalam sendi lutut. Jika bengkoknya terlihat lebih pada satu kaki saja, penyebabnya bisa karena hambatan pertumbuhan. Biasanya valgus akan normal kembali saat anak usia 8 tahun.
Talipes Valgus ini mempunyai penyebabnya lain, yakni karena lembeknya ligamen sebelah dalam. Begitu lembeknya sehingga waktu anak berdiri, kakinya tidak dapat menunjang tubuh dengan baik. Ini juga baru tampak saat bayi mulai dapat berdiri.

talipes valgus

talipes valgus


Gambar 1. Talipes Valgus
2) Talipes Kavus
Pes kavus ialah kelainan tapak kaki yang berupa lengkungan (arch) lebih tinggi dari kaki normal, dan sering kali jari kaki berbentuk cakar. Kelainan ini mirip dengan deformitas yang terlihat pada penyakit neurologik yang otot intriksiknya lemah atau lumpuh, ini menunjukkan bahwa pes kavus idiopatik diakibatkan oleh jenis ketidakseimbangan otot yang serupa.

Jari kaki penderita pes kavus biasanya tertarik ke atas dalam posisi cakar, kepala metatarsal ke bawah ke tapak kaki dan lengkungan pada pertengahan kaki lebih nyata. Sering tumit terinversi dan jaringan lunak pada tapak kaki kencang. Dibawah kepala metatarsal yang menonjol dapat terbentuk kalus. Penderita kelainan pes kavus biasanya berada pada umur 8-10 tahun.

pes kavus1

pes kavus1


Gambar 2. Talipes Kavus
3) Flat feet
Merujuk kepada ketiadaan lengkungan (arch) di tapak kaki anak antara jari-jari kaki dan tumit. Ini terjadi apabila kebanyakan dari permukaan tapak kaki bersentuhan dengan tanah / lantai. Ada dua jenis Flat feet yaitu :
Flat Feet Fleksibel, adalah kondisi dimana tidak adanya lengkung di telapak kaki. Namun, ini bukan kelainan berat. Penyebabnya karena tekstur kaki tidak mengikuti lengkung tulang, bila berjinjit, lengkungannya baru akan terlihat.

Sedangkan flat feet rigid atau fixed, disebabkan oleh tulang kaki yang tidak melengkung seperti yang seharusnya. Akibatnya, tidak mempunyai lengkung kaki. “Bahkan dengan berjinjit pun, telapak kaki tidak akan melengkung seperti pada fleksibel flat feet.” Agar tidak sering merasa sakit bila berjalan jauh, biasanya dokter akan menyarankan menggunakan sepatu khusus.

arch1

arch1


Gambar 3. Flat Feet
4) Club foot
club foot atau talipes equinus varus, yaitu telapak kaki tampak menekuk ke arah dalam, sampai-sampai mata kaki bagian luar dan sisi atas telapak kaki yang menapak di tanah.
Kelainan ini merupakan bentuk kelainan bawaan pada kaki yang paling sering ditemukan. Kelainan ini mudah dikenali sejak baru lahir, tapi sulit untuk ditangani. Dasar terjadinya kelainan ini disebabkan pertumbuhan yang tak seimbang dari kaki bagian dalam dan luar, di mana bagian dalamnya tertinggal atau kalah cepat.
clubfoot1(1)

clubfoot1(1)

Apa bila ada saudara, teman ataupun kenalan yang menderita kelainan tapak kaki talipes valgus saya menta bantuannya untuk memberita keberadaan penderita tersebut. Karena pada saat ini penulis sedang penelitian Tugas Akhir untuk membuat alat terapi bagi kelainan talipes valgus.Bisa menghubungi no dibawah ini
HP : 085643988285
Email : bahtiar_2385@yahoo.com
tiar_af@yahoo.com
Ditunggu informasinya. Terimaksih

Gambar dibawah ini merupakan keseluruhan jenis-jenis kelainan kaki

gamabar kelainan kaki

gamabar kelainan kaki

Contoh gambar alat terapi

Alat terapi yg dimasukkan kedalam sepatu

Alat terapi yg dimasukkan kedalam sepatu

OrthoSole

OrthoSole

36 Komentar

Filed under ORTHOTICS

36 responses to “JENIS-JENIS KELAINAN TAPAK KAKI

  1. wah info sangat bermanfaat tiar. aku juga promosi neh. sapa taw ada yang taw penderita kelainan kaki diyogya.

  2. info yang menarik dan bagus, slam kenal link nya sudah dipasang di http://www.ruanghati.com trims ya, salam sukses selalu

    • mas bisa aja…saya baru belajar ngeblog’s mas jadi ya masih bnyk blm taunya…
      klau ada trik buat mempercantik blog wdspres kasih tau dnk.
      mksh ya sudah mau masukin link blogs saya..
      salam kenal juga mas

  3. @AWAL SHOLEH : iya niy wal lagi binggung mau cari buat penelitian tp kok belum dapet2 ya yg balita. Semoga aja dengan ini bisa cepet dapetnya.Amin

  4. Ade Griya

    Bener2x bermanfaat nich Link nya. and bener2x terimakasih banyak broo karena anak gw kelainan Talipes Valgus.moga2x buat link lagi masalah kesehaan broo

  5. irsyad

    tolong dong informasinya, kalo di jogja beli alat terapinya dimana ya?kirim ke email ya.trims

  6. brp hrg alatnya buat jual lg kebetulan sy jual alat2 teraphy secara directselling,wslm cirebon

  7. dee

    tolong dong,dimana sy bs mendapatkan alat terapi di jakarta,kalo bisa dengan no tlp nya,trm ksh bnyak

    • linda

      mba dee, jika mau mndapatkan alat terapi ortosis sebagainya dan dengan harga terjangkau mba bisa hubungi saya 085716007488.

  8. infonya bgs nich nambah informasi akhirnya jd tahu klo anakku yg br 4 th jg mengalami kaki flat feet fleksibel apa berbahaya klo tidak diobati? mohon infonya dan tukeran link ya

    • berbahaya bu kalau flat foot mengganggu keseimbangan jalan karna kaki tidak ada lengkung arcusnya,kadang bisa mengakibatkan jatuh ..selagi masa pertumbuhan segera diobati dgn cara dikasih alat ortosis medial arc suport untuk koreksinya di sepatu dibagian medialnya

  9. farid

    ada yg untuk anak umur 2 thn ngga ??
    brp ya harganya?
    dimana saya bisa mendapatkanya ya? saya di balikpapan
    makasih atas infonya

  10. idanyomansantini

    anak saya laki-laki usia 11 tahun mengalami flat feet, apa ada semacam club atau tempat khusus untuk terapi kaki flat krn klo terapi sendiri anak saya tidak rajin sedangkan terapi di R.S saya merasa penerapinya kurang telaten, kalau ada dimanakah tempatya.
    untuk saat ini anak saya pakai insol produk DR KONG yang dapat dibeli di ACE HARDWARE apakah ada produk lain misal sepatu khusus karena produk DR KONG sepatunya yang model remaja tidak ada ? (saya ada di magelang jawa tengah)

  11. anak saya sekarang ini berumur 17bulan, hasil deteksi dokter planovalgus, bila diliat dari gambar yang diatas yg mendekati itu talipes valgus, menurut dokter orthopedic blm bisa dibuatkan sepatu khusus karena sepatunya berat, pertanyaan saya apa tidak ada alat terapi yg spt orthosole untuk seumur anak saya? mohon jika ada yg mengetahuinya tolong membantu saya untuk kebingungan saya saat ini, trimakasih .

  12. ida ayu nyoman dewi santini

    dimanakah saya bisa membeli orthosole spt gambar tersebut diatas ?
    saya tinggal di magelang jawa tengah

  13. sy terbantu dg ad ny link ini,krn sy mw cr info bt kponakan yg pny problm pd telapak kaki.

    • sy mw tnya pak,bgm cara mndptkn alat terapi sepatu utk kelainan kaki tipe talipes valgus?kponakan sy perempuan umur 10th,berdasarkn gmbr kponkn sy ini msuk dlm tipe talipes valgus. apkah dg usia kponkn sy tsb msh bs dperbaiki bentuk kaki nya?trmksh.

  14. bonang irawan

    anak sy umur 9 bln, tapak kaki kiri mengarah ke sebelah kanan,dan tapak bawah nya kesulitan menginjak, hingga seolah olah ia berdiri dengan sisi tapaknya (jinjit dengan sisi tapak), mohon infonya untuk alat terapinya, krn slm ini terapinya hanya di urut saja mks,..asslm wrwb.

  15. Lena

    Adakah yg tau di mana toko orthosole di indonesia ? Thx

  16. syofian thahir

    kepada yth bapak dokter< anak sy berumur 9 thn perempuan, sekarang, sejak kecil ada kelainan tulang (telapak) kaki, berupa (sy liat gbr) Talipes aquinovalgus, (kalau jalan telapakkaki miring kedalam dan jinjit saat jalan), tuk indformasi, sy telah terapio dan periksa ke dokter, mengatakan bahwa, kaki anak sy pendek saraf belakang kaki, sy mohon petunjuk, apa yg terbaik dan harus sy lakukan , terima kasih atas infonya. wasasalam..??

  17. yani

    anak saya laki2 umur 10thn,terjadi perubahn cara jalan sejak 2 tahun lalu,telapak kaki lemas jadi kalau jalan agak diseret dan pada permukaan jari nya sering mengelupas,,mohon sarannya,terimakasih.

  18. mery

    mas anak saya sepertinya talipes valgus minta tolong bantuannya untuk buat insole, anak saya skg umur 1 thn 2 bln

  19. joko hermoyo

    anak saya umur 20 bulan. Mohon BISA membantu untuk bisa memberikan informasi mengenai penjual sepatu terapi karena anak saya sejak lahir kakinya CETV.

  20. irawan

    mau tanya pak… saya tnggl klaten. saya mempunyai kelainan kaki yaitu flat feet sedangkan saya berumur 22thn, apakah diumur saya ini kaki saya bisa disembuhkan..?? klo bisa dng cara apa..?? terimakasih. balas diemail

  21. sallimatus. s

    apakah ada dampak keturunan jika mempuanyai kelainan talipes valgus???
    terimakasih

  22. salma

    saya ingin bertanya…
    apakah ada dampak pada keturunan jika mempunyai penyakit talipes valgus???

  23. irfan novianato

    ada info gak, tempat pembuatan sepatu khusus anak untuk talipes valgus?

  24. asti

    anak saya umur 24 bulan,dia sudah rembetan tetapi posisi kakinya tidak normal.setelah sy baca artikel ini.anak sy merupakan kelainan dari talipes valgus.saya sudah terapike medis dan alternatif.sampai sudah membeli sepatu khususdari rumah sakit,tetapi anak saya blm ada perubahan.posisi kakinya blm normal,bagaimana ya?tolong dibantu,ni anak ketiga saya,yg pertama meninggal usia 8 bulan,yg kedua keguguran 6 minggu.jd sy mohon bantuannya.terima kasih

    • Ibu Astri, proses penanganan atau penyembuhan seharusnya dilakukan pada awal2 kelahir, semakin cepat penaganannya akan semkn cepat juga penyembuhannya, memng tidak bisa langsung sembuh buth tahapan2 untuk perbaikan kaki normal. saran saya tetap ikuti dokter yg menangani anak ibu. Semoga anak Ibu Astri lekas sembuh dan dapat beraktifitas seperti anak normal lainya :)

  25. dewa

    Mas Bahtiar, anak saya juga mengalami kelainan seperti anak Ibu Asti, boleh tahu dimana saya bisa membeli sepatu terapi tersebut?

  26. Saya sedang rajin lari lk 3-5 km . Tapi sudah 1 bulan ini sakit di otot tulang kering (shin splints ? ). Saya cek ternyata sol sepatu aus di bagian dalam. Apakah ini termasuk jenis kaki talipes valgus? Apakah insole yang di jual di toko olahraga bisa membantu ? saya sudah 2x ganti sepatu dan sama saja , masih sakit kaki saya. Mohon masukan . Terima kasih

  27. pidia

    saya ibu rumahtangga tinggal di pekanbaru. jika dilihat dari gambar atas, anak saya termasuk tipe talipes valgus. anak saya usia 2,8 bulan, sedang melakukan terapi berjalan. ahli terapi menganjurkan agar anak saya memakai sepatu khusus. sesungguhnya saya sangat sedih dengan kondisi anak saya. dalam hal ini saya bertekad untuk mengobati anak saya dengan upaya apapun, karna faktor biaya dalam hal terapi saya menggunakan fasili
    tas berobat gratis melalui jamkesda/jaminan kesehatan daerah. namun daripada itu tetap menggunakan biaya sendiri apabila ada obat yang sedang tidak ada di apotik rumah sakit, dan yang lainnya, seperti membeli sepatu khusus,alat bantu bicara,jadual terapi anak saya hari selasa dan sabtu dirumah sakit umum arifin ahmad pekanbaru.
    yang jadi pertanyaan saya: berapa harga sepatu tersebut? bagaimana cara saya mendapatnya?, apakah ada tempat atau alamat pembuat sepatu khusus di pekanbaru? dimana saya dapat memperoleh sepatu khusus secara cuma cuma dan bagaimana cara mendapatkannya?
    apabila ada yang ingin membantu saya dengan ikhlas, saya sangat mengucapkan terimakasih, semoga Allah membalas kebaikannya dengan cara yang baik, amin. mengingat saya juga mempunyai anak usia 9 bulan yang juga membutuhkan perhatian. jika ada yang ingin membantu saya dapat inbox saya ke alamat email, pidiawati@rocketmail.com. atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih.

    hormat saya
    ibu pidia di pekanbaru

  28. alvia yana

    assalamualaikum doktor,,saya ada anak yg menderita talipes,bru 2bulan umrnya,dri lahir kakinya d pasang simen..ada harapanka untuk sembuh?

  29. Mz saya puya baby yg mengalami club foot skrg usia sdh 8buln, sblum ya pasang gift pd usia 5bulsn-7bln teryata k2 kaki y blum ad perubhan akhr y di putuskn oleh dokter ortopedi u d oprasi

Tinggalkan Balasan

