KEPADA SAHABATKU YANG MULIA

Assalamualaikum wr.wb.
Maha Suci Allah, Rabb yang menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya. Rabb yang mencintai keindahan dan memberikan keindahan itu kepada makhluk-makhluk-Nya. Sehingga muncullah sosok perempuan dengan pesona keindahannya.
Sahabatku….
Sungguh, seorang presiden tidak akan lahir tanpa perantarannmu, seorang profesor tak akan menghiasi dunia tanpa pernah berdiam di rahim lembutmu. Bahkan Rasulullah mulia pun dilahirkan ke dunia untuk membawa Al Islam oleh seorang perempuan. Karena perempuanlah yang melahirkan berjuta-juta manusia, perempuan pula yang mengukir awal kehidupan bayi-bayi mungil hingga kelak mereka dewasa dan membawa perubahan bagi dunia, entah sebuah keburukan, entah sebuah kebaikan. Benarlah sabda Rasulullah, ‘’surga terletak di bawah telapak kaki bunda”, karena ibunda yang sholehah akan membimbing anaknya menjadi orang-orang sholeh dan perempuan yang mencintai surga akan menggenggam erat hati anaknya untuk menuju surga.
Sahabatku……….
Ada yang mengatakan bahwa sembilan bagian dari perempuan adalah perasaan dan hanya satu bagian yang diciptakan menjadi akal, karenanya tebalkanlah bagian yang satu itu dengan ilmu kelak ia akan menyelamatkan kehidupanmu. Kuatkanlah kerapuhan hatimu dengan iman agar jiwamu bisa tenteram sepanjang waktu dan hiasilah kelembutan perasaanmu dengan akhlak karimah agar dunia terhias dengan cahaya kemuliaanmu. Ingatlah bahwa sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah, wanita yang berakhlak mulia.
Sahabatku………
Ingin kubisikkan kepadamu bahwa kelembutanmu bukanlah suatu kelemahan, itu bukanlah bentuk diskriminasi Rabb kita tapi itulah bukti kasih sayang-Nya padamu karena dari rahimmu yang penuh kelembutan akan lahir jiwa-jiwa perkasa, akan lahir para penggubah dunia, akan lahir generasi penuh manfaat asalkan…. bayi-bayi mungil yang akan dewasa itu mengenal betul siapa penciptanya. Karenanya belajarlah untuk mengenal Allah, sebab dengan mengenal-Nya kita akan semakin mengenal diri kita. Sehingga seorang anak tak perlu kehilangan kasih sayang ibunya, seorang suami tak akan kehilangan kemuliaan istrinya, seorang ayah tak pernah kehilangan bakti puterinya. Kenalillah Allah dan bimbinglah orang-orang sekitarmu untuk mengenal Allah niscaya dunia akan sepi dari huru-hara.
Sahabatku…….
Yakinilah bahwa dien yang hanif ini mengangkat harkat dan martabat wanita dan menjadikannya partner laki-laki dalam hak dan kewajiban. Tidak pernah Islam menempatkan wanita kecuali dalam posisi mulia, jadi tak perlu kita bereksperimen dengan pemikiran-pemikiran lain yang belum jelas apakah itu akan memuliakan atau menghinakan. Tak usah terpancing dengan ide feminisme, dengan emansipasi atau apapun namanya. Toh bunda Kartini yang dikenal sebagai tokoh emansipasi pun tak pernah menginginkan dirinya berada di atas laki-laki, beliau hanya ingin agar wanita bisa lebih mengembangkan dirinya sehingga bisa tampil sebagai sosok puteri yang teladan, sosok istri yang pandai dan sosok ibu yang terampil. Dibalik itu semua, beliau mencita-citakan agar seorang Kartini dan kaum wanita bisa menjadi hamba Allah yang sejati, tidak lebih !!!
Sahabatku….
Ingatlah akan sebuah syair tentang peran wanita, ibaratnya….tangan kanan menggoyang buaian dan tangan kiri mengguncang dunia. Itulah sosok muslimah-muslimah masa depan, muslimah yang bisa menyeimbangkan segala perannya sebagai seorang anak, seorang ibu dan sebagai seorang penyeru ke jalan Allah. Semua peran itu tentunya tidak boleh lepas dari kerangka manusia sebagai hamba Allah yang dhoif dan harus selalu memperbaiki diri.
Sahabatku……..
Akhirnya kutitipkan tunas-tunas muda dengan berjuta harapan di tangan kananmu, didiklah mereka dengan kesucian Al Islam agar mereka hidup dengan nuansa kebaikan dan kedamaian. Kutitipkan pula dunia di tangan kirimu, biar kau guncang planet ini dengan kemuliaan pribadimu. Sadarilah….untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, dunia tidak hanya membutuhkan lelaki yang kuat tetapi juga muslimah-muslimah yang lembut yang menebarkan kesholehan ke seluruh sisi kehidupan manusia.

Wassalamualaikum wr.wb.

1 Komentar

Filed under RENUNGAN

One response to “KEPADA SAHABATKU YANG MULIA

  1. hmm.. kayaknya lagi ngidam anak nih?? hehhehe (asal nebak)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s