TRANS SOLO BATIK (BST)

Ini merupakan pengalaman pertama saya menaiki trasportasi baru di kota solo yaitu trans solo batik (BST). Berawal dari perjalanan mau pulang kecepu dari wonogiri tetapi harus mampir dulu ke UNS ini merupakan kesempatan saya untuk menggunakan trans solo. Bis yang membawa saya dari wonogiri mengantarkan saya menuju stasiun purwosari, karena menurut informasi yang saya dapat didepan stasiun purwosari terdapat halte bus trans solo, dan ternyata benar didepan stasiun terdapat halte trans solo, saya langsung masuk halte karena tidak ada petugas atau satu penumpangpun yg ada dihalte. Sambil menunggu bus datang saya membaca-baca pengumuman yang ditempel pada halte, menurut yang saya baca mulai tgl 1 januari 2011 pembayaran dilakukan didalam bus sebesar Rp.3000 dan Rp.1500 (pelajar) dan kemudian ditukar dengan kartu, setelah mendapat kartu lalu kartu dimasukkan kedalam mesin kartu kemudian baru duduk.
Setelah menunggu kurang lebih 5 menit bus trans solo kemudian datang, saya langsung masuk kedalam bus yang tidak terlalu penuh, saya membayar kemudian duduk, kartu nya dimasukin ma petugas (sebenarnya harus kita sendiri yang memasukkan kedalam mesin untuk mencegah kecurangan dari petugas). Suasana didalam bus terasa sejuk karena menggunakan AC, berbeda bila kita menggunakan angkutan umum yang ada. Untuk jarak tempuhnya sendiri bus trans solo relatif sama dengan bus umum yang lain, karena bus trans solo tidak mendapat prioritas didalam perjalan. Yang membedakan bus solo batik dengan bus umum adalah didalam bus lebih nyaman, ber AC, berhenti pada shelter atau halte.
Berikut ini jalur yang dilalui batik solo trans (BST) :
Departure Route:
Kleco – Jl. Slamet Riyadi – Jl. Sudirman (Balai kota) – Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Brigjend Sutarto-Jl. Ir. Sutami (UNS)-Palur
Shelter:
Kleco-Farokha-Solo Square-Stasiun Purwosari-RS KasihIbu-Grandmall-Sriwedari-Pasar Pon-Bank Niaga-Balaikota-PasarGede-RSU dr Moewardi-Indomoto-UNS-Palur.
Return Route:
Palur-Jl.Juanda(Pucangsawit)-Jl.Urip Sumoharjo-Jl.Sudirman-Jl.Mayor Sunaryo (Beteng)-Jl.Kapt Mulyadi(Sangkrah)-Jl.Veteran-Jl. Bhayangkara-Jl.Dr.Radjiman(Laweyan)-Perempatan Gendengan-Jl.Slamet Riyadi-Kleco
Shelters:
Palur-PasarGede-Bank Danamon-RS Kustati-Gading-Koramil Serengan-Baron-Gendengan-Indosat-Solo Square-Kleco.

6 Komentar

Filed under BERITA

6 responses to “TRANS SOLO BATIK (BST)

  1. Ada juga yang bus pariwisata tingkat sekarang mas,bus nya tinggi banget,pengen naik tapi masih nyari jadwalnya..maju terus Kota Solo.

  2. saya terpesona sama mbak yg bawa karcis,, cantik sekali ….

  3. rutenya baru satu jalan mas???

  4. Prasetyo

    Saya dah mengamati adanya kecurangan dari awak bus yang memasukkan smart card tidak sesuai denganjumlah penumpang. Penumpang jarak pendek yang blum melalui pos pemeriksaan kartunya tidak dimasukkan oleh kondektur.

  5. ADI PURNOMO

    dari bandara ke gladag sekarang tarifnya cuma 7000 rb perak mas.

Tinggalkan Balasan

